Sabtu, 13 Maret 2010

cara agar computer aman dari virus

Virus semakin hari semakin banyak dan makin ganas, mengikuti perkembangan antivirus yang makin canggih maka virus juga makin canggih pula. Untuk itu kita harus pandai-pandai mengamankan computer kita dari Virus.
Anti virus saja belum cukup untuk melindungi computer agar aman dari virus, sehingga masih diperlukan beberapa trik agar computer aman dari virus.

Cara agar computer aman dari virus antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pasang Antivirus (wajib) dan selalu update antivirus minimal 1 minggu sekali. sebagus apapun antivirus anda, jika tidak diupdate maka tidak akan dapat melindungi computer anda dari virus.
  • Hilangkan opsi hidden files dan tampakkan extensi file (exe, doc, txt, dll), hal ini untuk mengetahui file2 yang terkena virus. Misalnya jika file seharusnya berextensi .doc (file documen) tetapi extensinya berubah jadi .exe (application) maka dapat dipastikan bahwa file anda terkena virus. caranya: buka explorer => dibagian paling atas, klik tool => folder option => view => hidden files and folder => show hidden files and folder. *=> hilangkan centang pada => hide extensions for known file tipes
  • Urutkan file berdasarkan type nya. caranya: Klik kanan => arrange icon by => type
  • Matikan autorun. supaya virus tidak masuk melalui proses autorun. Misalnya saat kita baru menancapkan flashdisk ke computer, maka secara default autorun akan berjalan dan computer akan membuka flashdisc (emngexekusi file autorun flashdisk) padahal sebagian besar file virus disisipkan melalui file autorun. caranya: Start => run => ketik: gpedit.msc => ok/enter => computer configuration => administrative template => system => doble klik: turn off auto play => enable => pada: turn off auto play on => pilih: all drive => aplly => ok.
  • Setelah menancapkan Flasdisc atau removable media yang lain, jangan dibuka dulu, tapi sebaiknya scan dulu menggunakan antivirus.
  • Jika computer terkoneksi internet maka kita perlu menutup port-port jalan masuknya virus. Caranya: yang paling gampang adalah dengan menggunakan aplikasi WWDC (Windows Worm Door Cleaner). doble klik WWDC => Klik semua tombol (menjadi enable) => restart komputer. tapi kelemahannya: mungkin computer anda tidak akan dapat digunakan untuk sharing printer. untuk aplikasi WWDC silahkan cari di google atau situs-situs download, seperti 4shared.com, 2shared.com, dll.
Mungkin itu adalah beberapa langkah/cara agar computer aman dari virus, meskipun tidak bisa 100%, karena menurut saya didunia ini tidak ada yang 100%.

=> semoga bermanfaat
Good lucK ^_^

2 komentar:

darahbiroe mengatakan...

mohon maaf baru sempat menindak lanjuti request dari sahabat tentang exchange link di blog saya.
sekarang link anda sudah saya pasang dengan rapih di menu exchange link blog freesms
dan silahkan di cek di blog freesmsc.wordpress.com pada menu exchange link
mohon dipasang juga link saya dengan nama "tips n trick blog facebook"
salam hangat selalu
terima kasih
:D

antok mengatakan...

makasih tipzna bermanfaat

blogwalking